ORGANIZATION FOR LEADERSHIP

Assalamualaikum warrahmatullah wabarokatuh.

Hari Minggu, 10 Oktober 2010 saya menghadiri acara halal bihalal alumni lintas angkatan di SMA saya, SMAN 52 Jakarta Utara. Dari Bogor, saya ke jakarta hanya untuk menghadiri acara tersebut, karena rindu dengan guru-guru, dan juga teman-teman saya.

Alangkah mengecewakannya, sesampai di sekolah, dari angkatan saya Cuma saya dan teman saya yang bernama Donny Wijaya.  Karena dia menjemput saya di cempaka putih. Disana yang datang banyak dari berbagai angkatan. Dari tahun 1984-1992. Angkatan tahun 1996-2010 sangat sedikit. Yang tahun 2010 ya Cuma kami berdua. Dan juga hanya ada 2 guru saya yang saya kenali yang datang, wali kelas dan guru BK.
Saat itu saya kecewa, tak ada yang dapat diajak mengobrol. Untung saja ada adik kelas yang kami kenal. Mulailah kami berbincang-bincang. Sampai jam menunjukkan pukull 13.00 WIB, ada seorang bapak yang merupakan alumni angkatan 1992 menyapa kami. Beliau bertanya-tanya tentang keadaan dan pencapaian sekolah itu. Setelah lama berbincang, barulah saya berani bertanya tentang pekerjaannya. Rupanya beliau bekerja di gudang uang, Bank maksudnya. Hehe
Berhubung saya kuliah di perguruan tinggi jurusan ekonomi islam, saya bertanya-tanya kepada beliau tentang bank konvensional. Lalu saya beberkan tentang Bank Syariah dan prospek-prospeknya. Beliaupun menyetujui apa yang saya bicarakan kepadanya. Tentang kurangnya kuntitas dan kualitas SDM dari perbankan syariah tersebut, dan kepercayaan masyarakat yang belum tumbuh kepada Bank-Bank Syariah yang ada walaupun Bank Syariah kini telah menjamur di Indonesia.
Lalu beliau bertanya, “sudah ikut organisasi apa saja?”. Saya menjawab, “Belum sama sekali pak”. Lalu bertanya lagi kenapa?. Saya pun hanya menjawab, “belum kepingin aja pak”.
Kemudian bapak itu bertanya lagi,“Tau gak fungsi organisasi itu apa?”
“Untuk memperbanyak relasi?” saya jawab.
Beliau menambahkan, “Sebenarnya fungsi personalitas dari berorganisasi adalah untuk memupuk kemampuan leadership anda. Suatu kelompok atau organisasi tidak mungkin berjalan tanpa leaderhip tersebut. Saya hanya lulusan SMA, tapi karena seringnya berorganisasi, saya menjadi leader dari setiap kelompok. Padahal yang saya pimpin itu berijasah S1,dan S2. Tapi saya yang ditunjuk untuk memimpin mereka. Bayangkan, jika lulusan S1 dan S2 pun jika tidak ada kemampuan leadering, tidak akan bisa memajukan suatu perusahaan, karena dia tidak mempunyai pengalaman. Nah, saya hanya seorang lulusan SMA, tapi saya mempunya pengalaman. Maka saya yang dipilih untuk meleader mereka. Jadi, pangalaman berorganisasi itu penting dalam dunia kerja. Aktiflah dalam organisasi, maka kamu akan mudah untuk maju.”
“iya pak. Terimakasih pengarahannya.” Jawab saya.
Saya pamit pergi untuk pulang ke bogor. Begitulah pengalaman saya kemarin.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warrahmatullah.



Leave a Reply