Resensi Buku: Cara Cerdas Nabi Mengoreksi Kesalahan Orang Lain


Judul                            : Cara Cerdas Nabi Mengoreksi Kesalahan Orang Lain
Pengarang                   : Syekh Muhammad Saleh al-Munajjid
Penerjemah                : Ahmad Kundori
Penerbit                      : Zaman
Tahun terbit                : Cetakan I, 2010
Tempat terbit              : Jakarta
Jumlah halaman         : 223 halaman
            Nasihat dan teguran sangatlah penting di era globalisasi ini, dimana tingkat kriminalitas dan kemungkinan orang berbuat kesalahan dan memberikan dampak buruk terhadap orang lain semakin tinggi. Ketika kita melihat seseorang melakukan kesalahan, keburuka, atau mungkin kemungkaran, sudah semestinya kita menegur, menasihati, memperingatkan, dan menunjukkan jalan yang benar kepadanya. Namun, mengapa ketika kita menegur, menasihati, dan mencoba mengajak ke jalan yang benar malah terkena omelan, dijauhi, dan mungkin menerima cacian? Kita harus melihat lagi cara yang kita gunakan untuk menasihati, menegur, dan cara kita mengajaknya ke jalan yang benar.
            Maka dari itu, kita bisa meneladani sikap atau perilaku Rasulullah SAW dalam menasihati, menegur, dan mengajak umatnya ke jalan yang benar dalam kata lain, kita bisa meneladani bagaimana Rasulullah SAW mengendalikan masyarakat di sekitarnya. Ketika melihat sahabat melakukan kesalahan, Rasulullah SAW akan menyikapinya dengan lembut dan bijaksana.
            Dalam buku ini, akan dipaparkan bagaimana teknik atau metode Rasulullah SAW ketika meluruskan kekeliruan atau keburukan yang dilakukan seseorang.
            Metode-metode Rasulullah SAW  dalam buku ini didukung oleh adanya hadits-hadits sahih. Pembaca tak perlu takut bahwasannya di bohongi akan kesahihan atau kebenaran hadits-hadits tersebut, karena riwayat-riwayat hadits tersebut tercantum dalam catatan kaki yang terletak di bagian bawah halaman dalam buku ini.
            Bahasa yang disuguhkan penulis pun mudah dipahami oleh semua kalangan. Pembaca tidak akan menemukan hal-hal yang sulit dipahami dalam buku ini.
            Buku ini wajib dibaca oleh siapapun, mulai dari usia muda sampai tua, oleh semua jenjang, dan kelompok masyarakat. Namun, buku ini wajib dimiliki dan dibaca oleh para pendidik, sehingga para pendidik tersebut dapat  mengendalikan dan dipatuhi oleh anak-anak didiknya.
            Buku ini dapat membantu anda melakukan sesuatu yang sungguh sulit, seperti mendorong seseorang berubah menjadi yang lebih baik.



3 Responses so far.

  1. marko says:

    seems to be a great book! thanks for the review of it!

  2. kalo di lihat dari riview nya sih kaya nya bagus

Leave a Reply