Pentingnya Teknologi Informasi Untuk Akuntansi

Seperti yang telah diketahui, perkembangan teknologi informasi sangat pesat sekarang ini dan semakin berkembang. Perkembangan ini pun telah mencapai berbagai bidang dan aspek kehidupan, salah satunya pada bidang akuntansi.

Teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam akuntansi. Sudah dipastikan, penggunaan teknologi informasi akan mempermudah pekerjaan pada bidang akuntansi. Para akuntan tidak perlu lagi membuat garis yang begitu banyak untuk melakukan pembukuan. Dan juga hal itu akan memakan banyak waktu dan biaya tambahan, seperti membeli buku khusus untuk pembukuan, dan alat-alat lainnya.

Solusi untuk masalah di atas adalah dengan menggunakan teknologi informasi yang berkaitan dengan kegiatan akuntansi tersebut. Para akuntan dapat menggunakan perangkat lunak untuk pembukuan dan aktifitas akuntansi yang lainnya, seperti yang terkenal saat ini ada MYOB®, Quickbooks, SAP Accounting Software, dan Cashflow Simplebook. Berikut adalah penjelasan dari beberapa perangkat-perangkat lunak tersebut.
1.    MYOB®
Merupakan salah satu aplikasi pembukuan terintegrasi dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia selain Quickbooks dan rangkaian produk dari Sage Group. Salah satu keunggulan dari MYOB adalah kemudahan pengoperasiannya dan menu yang intuitive, sehingga pengguna awam sekalipun dapat segera menguasai langkah pengoperasian dasar dengan sangat mudah dan cepat.
2.   Quickbooks
Quickbooks  adalah salah satu perangkat lunak akuntansi yang dapat dipakai untuk memudahkan bagian akuntansi melakukan pekerjaannya. Penggunaan quickbooks ini terbilang mudah. Bahkan kalau pun sulit, website quickbooks, yaitu quickbooks.intuit.com,  memberikan fasilitas Training and Learning. Sehingga pengguna dapat mempelajari bagaimana menggunakannya dengan baik dan mudah.
3.   SAP Accounting Software
SAP (Systems Applications and Products) accounting software adalah akuntansi keuangan dan sistem pelaporan yang membantu kegiatan pencatatan transaksi dan pelaporan data operasi pada akhir bulan dan akhir tahun. Perangkat lunak ini juga dapat membantu menganalisa keuangan.
4.  Cashflow Simplebook
Adalah perangkat lunak  pembukuan keuangan sederhana yang cocok digunakan untuk usaha kecil dan menegah. Mudah dalam penggunaan, hemat waktu dan tepat guna. Dapat digunakan untuk pembukuan usaha apapun. Dan perangkat lunak ini memberikan kemudahan untuk bagian akuntansi untuk melakukan pekerjaannya.

Perangkat-perangkat lunak diatas hanya merupakan sebagian dari perkembangan teknologi informasi yang telah ada. Dapat dipastikan perangkat-perangkat lunak diatas akan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Perangkat-perangkat lunak tersebut sangat penting dikuasai apabila telah atau ingin menjadi seorang akuntan, agar kegiatan akuntansi dapat berjalan lancar dan efisien.




Leave a Reply