Tips Sukses Wawancara atau Interview

Image by Google
Meski merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis. Kenyataanya, mereka yang merasa pintar seringkali gagal dalam wawancara. Alasannya? tidak smart dan taktis dalam menjawab pertanyaan.
ada beberapa tips dibawah ini yang mungkin berguna bagi anda-anda yang ingin sukses interview.




Ceritakan Tentang Diri Anda

Dalam sesi wawancara suatu hal yang pasti adalah menceritakan tentang diri anda. Meski tak memberikan jawaban yang berbunga-bunga, anda harus mengungkapkan dengan terbuka, ramah dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Berilah jawaban yang cukup cerdas dan efektif untuk menggambarkan bagaimana secara implisit anda layak ditempatkan pada posisi yang diinginkan. Pewawancara membutuhkan jawaban yang singkat, tapi menunjukkan optimisme yang alamiah.

ketika dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik. Tunjukan rasa percaya diri dan jadilah diri sendiri. Pewawancara tidak memerlukan jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api, apalagi munafik. Pada kesempatan pertama, biasanya mereka ingin melihat bagaimana pelamar menghargai dirinya sendiri. Sebab itu, buatlah beberapa point tentang keahlian yang dimilik, hal-hal yang disukai, dan diinginkan di masa depan. Berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuah jawaban singkat, padat, cermat, dan optimis.

# Hati-hati dengan Pertanyaan Jebakan

Siapapun tak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tapi begitulah kenyataannya dalam proses wawancara. Seringkali banyak hal tak terduga yang dilontarkan pewawancara sehingga membuat pelamar kelepasan bicara. Apabila anda adalah pelamar yang pindah dari tempat kerja lain, maka dalam sesi wawancara, jangan pernah memberikan jawaban yang menjelekkan tempat kerja yang sebelumnya. lebih baik menjawab "saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal. mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tak ada masalah, tapi tentu saya senagn jika ada peluang untuk peningkatan gaji."

# Semangat dan Bahasa Tubuh

Dalam wawancara kerja, penampilan memang bukan nomor satu, tetapi pendukung yang ikut menentukan. karena itu, selain berpakaian rapih, tidak seronok, mencolok atau banyak pernak-pernik, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif. Idealnya, tangan dibiarkan bebas mengekspresikan kata-kata, tentu saja dengan tidak berlebihan.

Selama wawancara berlangsung, buatlah kontak mata yang intens. Pelamar yang sering membuat kontak mata menunjukkan keinginan untuk dipercaya serta kesungguhan memberikan jawaban. rileksla dan sesekali tersenyum untuk menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat. umumnya perusahaan menyukai pelamar yang menyenangkan. kurangi kata-kata "saya merasa.,.," atau "saya kurang.,.," dan sebaiknya gunakan "saya pikir.,.", "menurut pendapat saya.,.,", "saya yakin.,.,", "saya optimis".


Sekian tips ini semoga bermanfaat bagi anda-anda yang akan interview. ^_^

Sumber : Buku Trik Jitu Menaklukan Test CPNS dan Swasta, Penulis : Muhammad Yunin.








Leave a Reply