Inilah !! Lebaran Ala Betawi

Dodol Betawi

Pesatnya modernisasi Kota Jakarta membuat sebagian budaya makanan Betawi tercerabut dari akarnya. Salah satunya, terlihat dari berbagai makanan khas Lebaran seperti dodol Betawi, kue Satu, kue Putu dan lainnya yang menghilang. Kue itu tergantikan oleh Nastar, Brownies atau bahkan Cheesecake.


Makanan khas Betawi memang masih ditemui di sejumlah daerah, namun sangat terbatas. Misalnya Kampung Betawi Jagakarsa. Selain itu dapat ditemui juga di Lebaran Ala Betawi yang digelar Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang diketuai Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Acara saban tahun ini pertama kali digelar sejak tahun 2008.


Tahun ini, rencananya Lebaran Ala Betawi akan dipusatkan di wilayah Jakarta Barat, pada tanggal 25-26 September 2010 mendatang. 

Fauzi Bowo mengatakan, kegiatan ini merupakan momen mempertemukan seluruh komponen Betawi untuk merayakan Lebaran secara bersama-sama.

Perbedaan dari penyelenggaraan Lebaran Betawi tahun lalu, Fauzi mengungkapkan, kali ini terdapat talkshow di radio dan televisi yang membahas seputar Lebaran Ala Betawi dan budaya Betawi. Dengan begitu diharapkan,  warga Jakarta lebih mengetahui dan meningkatkan rasa cinta terhadap budaya dan tradisi budaya Betawi.

Selain itu, akan mengajak representasi budaya betawi yang ada di daerah penyangga seperti Kota Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok dan Ciracas. "Kami libatkan seluruhnya," ujarnya.

Ketua Bamus Betawi, Nachrowi Ramli mengatakan, tradisi budaya Betawi ini dilakukan dengan mengantar atau anteran hadiah dari orang yang lebih muda kepada orang yang lebih dituakan. Umumnya, hantaran berisi berbagai macam makanan khas Betawi.

Acara ini akan dimulai dari pagi hingga tengah malam yang dimeriahkan oleh berbagai kesenian Betawi seperti gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang Betawi, orkes melayu, ondel-ondel, dan hiburan layar tancap.

Selain terdapat kesenian Betawi, Lebaran Ala Betawi juga akan menghadirkan sajian-sajian khas kuliner Betawi seperti nasi uduk, pecak gurame, gabus pucung, sayur asem, kerak telor, wajik dodol, tape uli, geplak, cendol, salak, dan bir pletok.

Acara ini baru terselenggara sejak dua tahun lalu. Acara perdananya digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada tahun 2008. Acara kedua, digelar di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan pada 17-18 Oktober 2009. 

Tahun ini sebagai tuan rumah Lebaran ala Betawi di Puri Kembangan, Kelurahan Kembanganselatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Anda penasaran, datang saja pada 25-26 September 2010 mendatang.

Sumber : Vivanews.com



Leave a Reply