Istikharah Cinta

Apakah Istikharah juga boleh dilakukan untuk menentukan satu dari dua pilihan wanita yang mencintai saya?


Kita mungkin sering bimbang jika dihadapkan pada dua pilihan dimana masing-masing pilihan mempunya kelebihannya untuk dipertimbangkan. Jika minta pertimbangan pada orang-orang sekitar, bisa jadi banyak unsur subyektivitas yang memungkinkan kita menolak keduanya lantaran merasa bingung. Maka jalan terbaik adalah meminta kepada Allah SWT, untuk memilihkan salah satu diantara keduanya  melalui shalat Istikharah.


Apalagi bagi seorang wanita muslimah yang ingin menentukan pilihan terhadap sesuatu (yang terbaik) untuk mengerjakan shalat sunnah dua raka'at ini, selain yang diwajibkan, baik itu adalah shalat sunnah rawatib ataupun tahiyyatul masjid, pada siang atau malam hari. Setelah membaca Al-Fatihah, dibolehkan baginya membaca surat apa saja yang dikehendakinya. Kemudian di akhir shalat berdo'a.

Diriwayatkan dan Jabir, dia bercerita : bahwa Rasulullah mengajarkan shalat sunnah Istikharah (meminta petunjuk) kepada kami dalam segala hal. Sebagaimana beliau mengajarkan kepada kami dalam segala hal. sebagaimana beliau mengajarkan kami sebuah surat dan Al-Qur'an, seraya berkata: Apabila diantara kalian menghendaki sesuatu hal, maka hendaklah ia mengerjakan shalat sua raka'at, selain shalat fardhu. kemudian hendaklah ia berdo'a :


"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk yang baik dengan pengetahuan-Mu. Aku memohon agar diberi kekuatan dengan kekuatan-Mu. Aku memohon kemurahan yang sangat luas, karena sesungguhnya Engkau berkuasa, sedangkan aku tidak. Engkau maha mengetahui, sedang aku tidak dan Engkau maha mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut jenis perkaranya) baik bagiku. Sedang apabila Engkau mengetahui perkara ini buruk bagiku, bagi agamaku, bagi kehidupanku saat ini dan masa depanku., maka jauhkanlah ia dariku atau jauhkanlah aku darinya. Berikanlah kepadaku kebaikan di mana pun adanya dan jadikanlah aku orang yang ridha dengan pemberian-Mu itu." (HR. Bukhari).


Setelah menunaikan shalat Istikharah, apabila shalatnya dilaksanakan dengan kesungguhan dan keikhlasan, diharapkan akan memunculkan kecenderungan dan kemantapan hati. Dengan landasan itulah keputusan akhir ditetapkan, bahwa pilihan anda jatuh pada si Fulan atau Fulanah. Bismillah, mudah-mudahan itulah pilihan barakah.

Sumber : Buku "Problematika Remaja" karya Abu Al-Ghifari.

Leave a Reply