Jatim Siapkan Kapal Gratis Musim Lebaran 2010



Upaya ini sebagai langkah mengantisipasi melonjaknya pemudik angkuatan kapal.
RABU, 18 AGUSTUS 2010, 23:59 WIB


VIVAnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur memprediksi akan terjadi lonjakan pemudik angkutan kapal di musim lebaran 2010 sekitar 5 persen. Peningkatan terjadi pada H-4 atau pada 6 September.

Mengantisipasi itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah, di antaranya menggandeng sejumlah perusahaan kapal penumpang. Selain itu, pemerintah Jatim juga tengah mempersiapkan mudik gratis untuk angkutan laut.

"Rencananya, Dishub Jatim akan membuka 'mudik gratis' untuk angkutan laut. Disediakan 2 kapal, masing-masing berdaya angkut 150 penumpang," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dihub dan LLAJ Jatim, Sumarsono kepadaVIVAnews, Rabu 18 Agustus 2010.

Adapun rute yang dilayani yakni Tanjung Perak-Pulau Masalembo dan Tanjung Wangi-Pulau Sapekan pergi pulang. Sedikitnya 10 ribu orang penumpang akan tertampung dengan jadwal pelayaran dimulai 3 September atau H-7, sampai tanggal 18 September 2010 atau H+7.

Sejumlah kebijakan juga akan ditempuh mengantisipasi tingginya lonjakan. Seperti dispensasi angkutan penumpang sebesar 30 persen. Kedua, penambahan jumlah kapal bila terjadi lonjakan tinggi bekerjasama dengan pihak Armatim.

"Tentunya tetap menyesuaikan dengan ketersediaan fasilitas dan sarana keselamatan," katanya.

Semetara PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan sejumlah perusahaan penyedia jasa angkutan kapal lainnya siap mendukung langkah itu. Pelni menyediakan sedikitnya 15 kapal, PT Dharma Lautan Utama sebanyak 7 kapal, PT Prima menyediakan 4 kapal, PT Samekar dan PT Bangka Belitung masing-masing 2 kapal dan PT Lautan Kumala 1 kapal.

Juga dilakukan penambahan angkutan kapal perintis oleh KM Amukti Palapa berkapasitas 260 penumpang dan PT Tunas Jaya Indah berdaya angkut 150 penumpang.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya



Sumber : VivaNews.com

Leave a Reply